Sudahkah ada hadiah di dalam do’a mu

Posted on

Sudahkah ada hadiah di dalam do’a mu

Sudahkah ada hadiah di dalam do’a mu
Sudahkah ada hadiah di dalam do’a mu

Duduk terdiam tak terdefinisi

Menikmati akhir malam dengan penuh pengaduan

Seolah sang khaliq hanya miliknya

Tertumpah rasa, dan tak ada yang lain

Kealpaan indah untuk diri sendiri

Waktu bergulir menyambut pagi

Disana ada anugerah nafas dan iman

Atas kebaikanNya menikmati indahnya hari ini

Tanpa sadar ada kata lain dari ucap yang tak biasa

Dari rasa yang tak mementingkan diri sendiri

Dari rasa sayang karenaNya

Segulir doa untuk yang lain

Karena hadiah itu Dia memberikan kebaikkanNya

Hadiah Rahasia 28092018 Kebaikan yang kita rasakan saat ini, tanpa kita sadari adalah pemberian yang tak pernah kita mohon dalam doa-doa rinci yang kita gulirkan setiap hari. Tanpa kehendak dan izin dari Alloh swt, kaca yang kita bersihkan tak akan bersih tanpa debu sedikitpun, baju yang distrika tak akan rapi dari lipatan pengganggu, dan lubang jarum yang kecil bisa kita masukkan benang di waktu mendesak. Alloh maha penyayang dan maha pemberi.

Apa yang diberikanNya pasti dibutuhkan hambanya, walau terkadang sang hamba merasa apa yang didapatnya bukan seperti apa yang diinginkannya. Menikmati pemberianNya adalah keindahan yang tak terdefinisi dan terkadang butuh usaha yang kuat untuk menerjemahkan sehingga hikmahnya bisa kita baca dan jadi jembatan untuk mendekat padaNya.

Memberi tanpa pamrih adalah sebuah hadiah karenanya hal itu menjadi adab dalam memberi hadiah. Keistimewaan yang dimiliki hadiah adalah ia dapat mendatangkan kecintaan dan persahabatan, menggantikan perbuatan dan ucapan maaf, menenangkan kemarahan dan melenyapkan rasa iri hati dan kedengkian serta mendatangkan keberkahan. Pemaknaan keberkahan dari hadiah adalah ketika ia berbentuk kebaikan yang menjadi sumber kebaikan selanjutnya, sehingga mengalir pahala yang berlipat dan tak terputus.

Doa yang terucap dari lisan kita dapat menjadi hadiah rahasia yang tak bernilai harganya, karena dari doa itu kita dapat merasakan kebaikan yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya. Doa adalah iman dimana didalamnya ada rasa pengharapan dan kepasrahan diri bahwa semua yang ada adalah milikNya, dan menjadi istimewa ketika “keterserahan gue” berubah menjadi rasa sayang dengan menyebut nama orang-orang yang kita sayangi dalam doa kita di waktu-waktu mustajabnya doa.

Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim, telah mengabarkan kepada kami An Nadhr bin Syumail, telah menceritakan kepada kami Musa bin Sarwan Al Mu’allim, telah menceritakan kepadaku Thalhah bin ‘Ubaidullah bin Kariz, dia berkata, telah menceritakan kepadaku Ummu Ad-Darda dia berkata, Sayyidi (suamiku) telah menceritakan kepadaku bahwasanya ia mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mendoakan kebaikkan bagi saudaranya (sesama muslim) yang berjauhan, melainkan malaikat akan berkata, Aamiin dan bagimu kebaikan yang sama” (HR. Muslim) Di sepertiga malam, di waktu hujan turun, di saat berbuka, di saat sujud panjang, dan di antara adzan dan iqomah, hadirkan rasa sayang pada orang-orang terdekatmu untuk sebait hadiah rahasia yang akan diaaminkan malaikat.

Baca Juga :

Salam @ isu hangat